What I'm thinking about .......

Kamis, 13 Desember 2012

Berjilbab, berhijab dan berkerudung ???

Kemarin waktu mau ikut mentoring rasanya tu males banget. Di weekend kudu ke kampus ? Hoaammm.
Tapi alhamdulillah bisa ngalahin setan. Haha, pergi juga ke kampusku tercinta dan mendapat pelajaran tentang berkerudung, berjilbab, dan berhijab :)
Mari kita bahas.

Jilbab
Berasal dari bahasa arab yang jamaknya Jalaabiib artinya pakaian yang lapang/luas. pengertiannya yaitu pakaian yang lapang dan dapat menutupi aurat wanita, kecuali muka hingga telapak tangan sampai pergelangan tangan saja yang terlihat. Jilbab ini adalah hukumnya wajib sebagai suatu keharusan yang pasti atau mutlak bagi wanita dewasa yang mukminat atau muslimat.

Kerudung
Yang ini berasal dari bahasa Indonesia. Dalam bahasa arabnya adalah khimaar, jamaknya khumur yaitu tutup atau tudung yang menutupi kepala,leher, sampai dada wanita.
Sekilas kerudung memiliki definisi yang hampir sama dengan jilbab, tetapi sesungguhnya tidak sama. Jilbab memiliki arti yang lebih luas, karena jilbab dapat didefinisikan sebagai busana muslimat yang membentuk suatu corak, yaitu busana yang menutup seluruh tubuhnya mulai dari atas kepala sampai kedua telapak kakinya yang jadi satu (menyatu) tanpa menggunakan kerudung lagi. Sedangkan khimar itu (kerudung) hanya tudung yang menutupi kepala hingga dada saja. Sama halnya seperti jilbab, khimar ini hukumnya wajib.


Hijab
Berasal dari bahasa arab, artinya tabir atau dinding/penutup.
Pengertian yang dimaksud dengan tabir atau dinding disini adalah tirai penutup atau sesuatu yang memisahkan/membatasi baik berupa tembok, bilik, gorden, kain dan lain-lain.


Singkatnya jilbab itu pakaian yang menutupi seluruh badan, kerudung itu adalah yang menutupi kepala, rambut sampai leher, sedangkan hijab itu gabungan dari jilbab dan kerudung.
Sekarang itu kan banyak bertebaran kelompok hijabers tuh yaa , hehe , yang membuktikan wanita berjilbab itu juga modis , tapi tetep sesuai syariat loh ya :)



Bagaimana Anda ? Sudahkah Anda berhijab ? Atau sudah berkerudung tapi belum berjilbab ? Atau bahkan belum berjilbab dan berkerudung ? Hanya Anda yang bisa menjawab :)
Kita lihat beberapa yang mengatakan sudah berkerudung tetapi nyatanya belum

Mari kita lihat perintah Allah bagi wanita untuk menutup auratnya 

" Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak memiliki keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kaiknya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung" (Q.S An-Nur 24: 31 )

Balasan bagi Wanita yang tidak mennutup auratnya , Rasullullah S.A.W bersabda :
"Wahai anakku Fatimah, sesungguhnya wanita-wanita yang digantung rambutnya, hingga otaknya mendidih didalam Neraka, adalah mereka yang (ketika hidup di dunia) tidak mau menutupi rambutnya (auratnya) untuk (sekedar menghindari) pandangan laki-laki yang bukan muhrimnya." ( H.R Bukhari - Muslim )

Balasan bagi Wanita yang telah menutup auratnya, Rasullullah SAW bersabda :
" Semua orang akan dipanggil untuk melihat wajah "Allah" di akhirat kelak, tetapi Allah akan mendatangi sendiri Wanita yang senanntiasa menjaga auratnya ketika di dunia dengan istiqamah. " (H.R Abu Daud)


Subhanallah ya teman-teman. Mulai sekarang mari kita berhijab :)
Wanita berhijab itu jauh lebih cantik :), hehe


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar